English French German Spain Italian Dutch Russian Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

22/03/11

Deskripsi Seni Kriya Nusantara


  • BUFET

Benda ini terbuat dari bahan dasar kayu yang masih terlihat alami dengan warna dasar dari kayu tersebut dengan ukiran-ukiran yang khas dan unik. Ukiran-ukiran tersebut sekaligus menjadi klimaks dari benda ini terlihat dari bagian depan kiri dan kanan dan pada bagian pintu yang balance. Kesatuan dari  benda ini adalah kesatuan statis dimana memiliki pola-pola yang teratur tanpa banyak variasi.

  • MAKET

Maket merupakan bentuk bangunan  yang  dibuat sebagai miniature pajangan. Gambar disamping merupakan salah satu contoh seni kriya dimana lebih mementingkan nilai artistiknya  dan juga dibuat secara sederhana oleh orang yang ahli seperti arsitek.
Maket disamping memiliki kesatuan statis dimana pola-polanya teratur dan prpaduan warna yang menyatu karena berbahan dasar kayu. Proporsi terlihat dari bagian-bagian bangunan yang seimbang antara satu sama lain. Misalnya, pada bagian depan, samping kiri dan kanan, serta pada bagian belakang bangunan. Irama maket ini terlihat dari motif, dan bentuk bangunan samping kiri dan kanan





  • VAS BUNGA
Benda ini terbuat dari tanah liat yang dibuat sedemikian rupa dengan teknik yang sudah digunakan secara turun temurun dan sampai sekarang masih dilestarikan.
Motif yang abstrak membuat karya ini semakin menjadi unik ditambah lagi dengan bentuk motif yang bervariasi. Kesatuan terlihat dari warna yang menyatu antara warna dasar hitam dan warna motif putih. Bentuk dari vas ini proporsi antara bagian tengah dan sam[ping kiri kanan, serta balance antara bentuk samping kiri dan kanan benda ini. Klimaks dari benda ini terdapat pada motif yang mengikuti bentuk vas bunga.




  • GUCI

Benda ini termasuk salah satu karya seni kriya dimana fungsinya tidak begitu berpengaruh karena nilai artistiklah yang lebih diutamakan dalam suatu karya seni kriya dan juga dibuat secara tradisional dari tanah liat dengan tekhnik yang sederhana pula.
Klimaks terdapat motif kupu-kupu dengan perpaduan warna yang kontras antara hijau dan orange. Kesatuan terlihat dari bentuk yang  melengkung, pada bagian bawah, tengah dan atas.
Kesatuan bentuk ini, juga menunjukkan proporsi pada benda ini.


GUCI
Klimaks dari guci ini terdapat pada motif bunga yang memiliki kontras warna antara warna hijau, kuning, biru, dan pink yang kesemuanya bercampur warna putih. Memiliki kesatuan statis tanpa banyak variasi yang terdapat pada guci tersebut. Memiliki warna  dasar
hijau putih dengan memakai garadasi  yang membuat guci ini menjadi unik

*      Kursi Semah
Deskripsi

Kursi semah merupakan kursi yang dibuat oleh Dody Mulyadi,kursi ini dikatakan kursi selain berwajah tradisional kursi ini tetap mengedepankan menuju kearah nilai – nilai oriental. Sebab kursi ini terbuat dari kayu solid dengan sandaran dan dudukan dari kulit dengan jahitan benang yang terlihat serta dihiasi dengan ukiran kayu di bawah sandaran lengan.
v  Analisis
ANALISIS KARYA SENI KRIYA :
1. Irama yang terdapat pada kursi semah ini terdapat pada bentuk – bentuk kaki kursi yang berulang – ulang berbentuk lingkaran panjang.
2. Balange pada kursi semah ini terlihat pada pegangan tangan kursi kiri dan kanan yang sama – sama menjolok keluar.
3. Proporsi pada kursi semah terlihat pada ukuran kaki kursi depan dan kanan yang berbeda.
4.Kontraks pada kursi semah terlihat pada ukuran sandaran atas kursi yang sengaja dibuat lebih tinggi pada bagian tengahnya.
5.Klimaks pada kursi semah ini adalah pada motif yang berbeda serta bentuk yang unik.
6. Kesatuan / unity terlihat mulai dari kaki kursi yang berbentuk lingkaran dan pada bentuk kursi yang segi empat.
7. Keselarasan terlihat pada bentuk sandaran dan letak motif yang berbentuk lingkaran kecil yang unik.

*      LEMARI (STORAGE)
Deskripsi

Lemari storage ini adalah Lemari Gantung karya Juni Ristiantoro yang menerima hadiah Trophy serta uang sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah). Kreativitas Juni dalam merancang lemari ini patut mendapatkan acungan jempol. Dibuat dari kayu ramin khusus untuk ruang yang tidak terlalu luas, dapat dilipat dan ditarik sesuai dengan kebutuhan ruang. Desainnya simpel, kompak, fungsional dan menarik. Lemari serba guna ini bisa dimanfaatkan selain sebagai lemari gantung juga bisa dimanfaatkan sebagai penyekat ruang. Dilengkapi dengan rak sepatu dan kursinya, cermin untuk satu tubuh yang dibaliknya bisa dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan foto, raknya bisa juga dimanfaatkan sebagai kabinet televisi 14". Konon setelah pameran ada perusahaan asing yang langsung mengontak Juni untuk kelanjutan produksi karyanya.
  Analisis
ANALISIS KARYA SENI KRIYA :
1. Irama yang terdapat pada Lemari storage ini terdapat pada bentuk – bentuk pintu lemari yang saling berulang – ulang terus.
2. Balange pada Lemari storage ini terlihat pada bentuk lemari yang berbentuk balok / segi empat.
3. Proporsi pada Lemari storage ini terlihat pada bentuk lemari yang berbentuk balok / segi empat.
4.Kontraks pada Lemari storage ini terlihat pada pintu lemari yang berbentuk seperti bentuk jendela namun memiliki tempat – tempat yang dapat digunakan sebagai alat rias.
5.Klimaks pada Lemari storage ini terlihat pada tempat – tempat rak sepatu dan kursinya, cermin untuk satu tubuh yang dibaliknya bisa dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan foto, raknya bisa juga dimanfaatkan sebagai kabinet televisi 14"
6. Kesatuan / unity terlihat pada bentuk – bentuk lemari yang dominan berbentuk persegi.
7. Keselarasan terlihat pada bentuk – bentuk lemari yang dominan berbentuk persegi.

*      DAKON  NAGA
Dakon Naga Jawa






                                                                                            



Deskripsi 
Dakon naga  ini merupakan Kerajinan unik. Dakon Naga  ini terbuat dari kayu jati. Motif batik betul2 dilukis di atas kayu. Kerajinan kayu unik yg cocok untuk mempercantik penampilan rumah, hotel, maupun untuk koleksi / pajangan rumah yang unik selain unik juga mempunyai nilai – nilai tradisional.


v  Analisis
ANALISIS KARYA SENI KRIYA :
1. Irama yang terdapat pada Dakon Naga  ini terdapat pada motif – motif yang berbentuk lingkaran serta motif – motif yang lain yang saling berulang – ulang.
2. Balange pada Dakon Naga  ini terlihat pada bentuknya yang berbentuk naga dan mempunyai kepala dua pada samping kanan dan samping kiri.
3. Proporsi pada Dakon Naga  ini terlihat pada bentuk kaki yang saling bertemu pada posisi tengah.
4.Kontraks pada Dakon Naga  ini terlihat pada motif lingkaran dan motif yang berbentuk seperti kulit ular.
5.Klimaks pada Dakon Naga  ini terlihat pada kepala naga yang berpisah.
6. Kesatuan / unity terlihat pada kepala naga yang bentuknya sama / kembar.
7. Keselarasan terlihat pada motif ular dan kepala naga yang dilengkapi dengan kakinya.


*      GANTUNGAN BAJU MAXI
Deskripsi

Gantungan baju Maxi ini dibuat dari kayu belina. Yang tahan terhadap binatang bubuk/kutu kayu. Gantungan baju Maxi berbentuk unik dan menarik.Yang dihiasi dengan bentuk lumba – lumba atau biasa disebut dolphin yang motifnya sama.
Gantungan baju Maxi ini,merupakan Kerajinan kayu  unik kha
Gantungan baju maxi ini Cocok untuk hadiah, cinderamata, gift, sovenir yang unik dan spesial.
v  Analisis
ANALISIS KARYA SENI KRIYA :
1. Irama yang terdapat pada Gantungan baju Maxi ini terdapat pada motif – motif yang ada pada badan lumba – lumba tersebut yang saling berulang – ulang.
2. Balange pada Gantungan baju Maxi ini terlihat pada bentuknya lumba – lumba yang saling berpasangan dan pada gantungan yang jumlah empat.
3. Proporsi pada Gantungan baju Maxi ini terlihat pada bentuk gantungan dan dolphin.
4.Kontraks pada Gantungan baju Maxi ini yang berwarna merah dengan warna dasar pada gantungan tersebut berwarna hitam.
5.Klimaks pada Gantungan baju Maxi ini terlihat pada gambar boneka dolphin.
6. Kesatuan / unity terlihat pada motif dolphin dan warna dasar gantungan.
7. Keselarasan terlihat pada motif dolphin dan warna dasar gantungan.

*      LEMARI MULTIFUNCTION RACK
Deskripsi

Lemari multifuction rack ini adalah Lemari rak berwarna coklat kemerahan ini didesain dengan laci-laci dan rak dalam bentuk menarik serta tarikan laci unik pas untuk jari.Lemari ini mempunyai bentuk laci yang berbentuk tangga.Lemari ini merupakan lemari yang di buat oleh Kenongo Tulip dari afrikka  yang mendapatkan trophy kedua dari kategori lemari yang unik.

v  Analisis
ANALISIS KARYA SENI KRIYA :
1. Irama yang terdapat pada Lemari multifuction rack ini terdapat pada bentuk –bentuk rack / laci yang berbentuk persegi yang berwarna coklat kemerahan.
2. Balange pada Lemari multifuction rack ini terlihat pada bentuknya bentuk laci yang berbentuk persegi.
3. Proporsi pada Lemari multifuction rack ini terlihat pada bentuk laci yang sebelah kanan dan sebelah kiri yang masing – masing saling membelakangi.
4.Kontraks pada Lemari multifuction rack ini terlihat pada warna lemari yang berwarna coklat dan kontraks terhadap warna merah bata.
5.Klimaks pada multifuction rack ini terlihat pada laci – laci atau rack yang berbentuk tangga.
6. Kesatuan / unity terlihat pada warna lemari yang berwarna coklat menyatu dengan warna merah.
7. Keselarasan terlihat pada bentuk – bentuk rack yang bentuk dasarnya adalah bentuk persegi.

*      KALIGRAFI BATIK
Deskripsi

Kaligrafi batik merupakan sebuah karya seni yang unik dan mengandung banyak nilai – nilai artistik. Kaligrafi ini ditorehkan dengan batik tulis di atas kayu gemblina. Jadilah produk kerajinan batik kayu ini sebuah karya seni yg unik dan eksklusif. Kaligrafi ini Cocok untuk  para kolektor seni. Juga sesuai untuk gift, hadiah,cinderamata, souvenir unik dan spesial.

v  Analisis
ANALISIS KARYA SENI KRIYA :
1. Irama yang terdapat pada Kaligrafi batik ini terdapat pada motif – motif yang berulang – ulang.
2. Balange pada Kaligrafi batik ini terlihat pada bentuknya yang berbentuk persegi.
3. Proporsi pada Kaligrafi batik ini terlihat pada motif bunga dan bentuk dasar kaligrafi yang berbentuk persegi.
4.Kontraks pada Kaligrafi batik ini terlihat pada warna motif dan warna  kaligrafi.
5.Klimaks pada Kaligrafi batik gambar kaligrafi dan ukiran – ukiran motifnya.
6. Kesatuan / unity terlihat pada warna motif dan warna kaligrafi.
7. Keselarasan terlihat pada bentuk – bentuk bingkai kaligrafi luar dan bingkai kaligrafi dalam yang berbentuk ketupat yang selaras dengan persegi.

*      KURSI CONTRASH
Deskripsi

Kursi CONTRASH adalah kursi yang serba guna dibuat dengan bentuk sederhana dan nyaman diduduki.Terbuat dari bahan karet sendal dengan kayu solid supaya tidak selip dan lebih empuk.
Kursi ini merupakan karya Victor Indah Prima. Walaupun terlihat solid dan tebal tetapi ringan sekali. Pembuatan kursi ini awalnya memanfaatkan bahan sisa dari pabrik sendal.


v  Analisis
ANALISIS KARYA SENI KRIYA :
1. Irama yang terdapat pada Kursi Contrash ini terdapat pada motif – motifnya yang berbentuk garis - garis yang berulang – ulang.
2. Balange pada Kursi Contrash ini terlihat pada bentuknya yang berbentuk persegi dengan kaki kursi yang bagian belakang sengaja untuk dibuat lebih belakang agar mudah untuk menyeimbangankan model kursi tersebut.
3. Proporsi pada Kursi Contrash ini terlihat pada kaki kursi yang bagian belakang sengaja untuk dibuat lebih belakang
4.Kontraks pada Kursi Contrash ini terlihat pada warna motif yang sesuai dengan warna dasar kursi yakni hitam.
5.Klimaks pada Kursi Contrash pada warna motif dan bentuk motif bergaris – garis serta kaki kursinya yang lebih membelakang.
6. Kesatuan / unity terlihat pada warna motif dan bentuk kursi.
7. Keselarasan terlihat pada bentuk – bentuk kursi dan motif – motif garisnya.

*            LEMARI STADIUM
Deskripsi

Lemari stadium merupakan Lemari yang sengaja dibuat ini didesain khusus dengan ide bentuk dari stadium sepak bola di Milan. Dengan Pintunya yang sudah dipatenkan, terbuat dari veneer dan MDF kombinasi. Lemari yang nilai produksinya sekitar 1-1,5 juta, bisa digunakan untuk meja telepon atau lemari sudut. Kakinya dari kayu solid kombinasi metal.

v  Analisis
ANALISIS KARYA SENI KRIYA :
1. Irama yang terdapat pada Lemari stadium ini terdapat pada pintunya yang berbentuk garis - garis yang berulang – ulang.
2. Balange pada Lemari stadium ini terlihat pada bentuk kakinya yang berbentuk lingkaran dengan menyesuaikan dengan bentuk dasar pada stadium.
3. Proporsi pada Lemari stadium ini terlihat penutup bagian atas yang agak besar dibanding dengan penutup lemari yang bagian bawah yang agak kecil.
4.Kontraks pada Lemari stadium ini terlihat pada bentuk kakinya yang berbentuk lingkaran dengan menyesuaikan dengan bentuk dasar pada stadium.
5.Klimaks pada Lemari stadium pada bentuk lemari yang menyerupai stadium sepak bola.
6. Kesatuan / unity terlihat pada warna dan bentuk lemari.
7. Keselarasan terlihat pada bentuk – bentuk kaki lemari dan bentuk dasar stadium.



*      REHAL
Deskripsi
Rehal merupakan alat atau tempat yang biasa digunakan sebagai tempat menyimpan atau meletakkan al-Qur’an.Rehal terbuat dari kayu gemblina. Tahan binatang bubuk/kutu kayu. Bentuk unik dan menarik. Cocok untuk hadiah, cinderamata, sovenir yang unik dan spesial.

v  Analisis
ANALISIS KARYA SENI KRIYA :
1. Irama yang terdapat pada Rehal ini terdapat pada motif – motif batik yang berulang – ulang.
2. Balange pada Rehal ini terlihat pada bentuk dasar rehal yang berbentuk persegi dengan lekungan kesamping kanan dan samping kiri.
3. Proporsi pada Rehal ini terlihat pada motif – motif batik yang berbeda – beda.
4.Kontraks pada Rehal ini terlihat pada bentuk – bentuk motif yang berbeda – beda.
5.Klimaks pada Rehal terlihat pada motif batik.
6. Kesatuan / unity terlihat pada warna dan motifnya.
7. Keselarasan terlihat pada warna dan motif .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome