Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
1
BAB. 1. Ruang lingkup
Ilmu Kimia
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Memahami konsep materi dan
perubahannya
Mengelompokan sifat materi
Mengelompokkan perubahan materi
Mengklasifikasi materi
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengenal ruang lingkup dan kajian ilmu kimia
2. Siswa mampu mendeskripsikan materi beserta perubahan wujudnya
3. Siswa dapat membedakan materi berdasarkan wujudnya
4. Siswa mampu mendeskripsikan sifat dan perubahan materi
5. Siswa mampu mengidentifikasi peran energy dalam perubahan materi
6. Siswa dapat mengklasifikasikan materi
7. Siswa mengenal keberadaan materi di alam
1. Ilmu Kimia
Dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan, kita selalu
mengamati pada lingkungan sekitar, dan yang menjadi
fokus perhatian kita adalah lingkungan sekitar. Alam
semesta merupakan salah satu daerah pengamatan
bagi para peneliti ilmu pengetahuan alam. Sedangkan
interaksi sesama manusia dipelajari para ahli ilmu
sosial.
Salah satu bagian dari ilmu pengetahuan alam adalah
ilmu kimia, daerah yang dipelajari ahli kimia adalah
materi terkait dengan struktur, susunan, sifat dan
perubahan materi serta energi yang menyertainya.
2. Materi dan Wujudnya
Istilah materi sudah sering kita dengar dan juga
menjadi kata-kata yang dipilih sebagai bahan ejekan
terhadap seseorang yang memiliki orientasi terhadap
uang dan kebendaan lainnya. Istilah materi dapat kita
rujukan dengan alam sekitar kita seperti tumbuhan,
hewan, manusia, bebatuan dan lainnya. Alam sekitar
kita merupakan ruang dan yang kita lihat adalah
sesuatu yang memiliki massa atau berat dan juga
Gambar 1.1. Bagan pengelompokan
materi berdasarkan wujudnya
Wujud Materi
Padat
Gas
Cair
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
2
volume, sehingga materi didefinisikan sebagai segala
sesuatu yang menempati ruang memiliki massa,
volume dan memiliki sifat-sifat tertentu.
Materi memiliki massa, volume dan sifat, sehingga
setiap materi memiliki wujud tertentu. Jika kita
melihat sebuah benda atau materi, maka wujudnya
bermacam-macam. Di lingkungan sekitar kita mudah
dijumpai materi seperti kayu, air, dan udara.
Berdasarkan wujudnya maka materi dapat
dikelompokkan menjadi tiga yaitu : padat, cair dan gas
(Gambar 1.1).
Kita dengan mudah menemui materi yang berwujud
gas, seperti: udara, gas bumi, gas elpiji, uap air, dan
lainnya. Untuk yang berwujud cair, mudah kita temui
dalam kehidupan sehari-hari kita seperti: air, minyak
goreng, alkohol, bensin, solar, larutan gula, air laut.
Demikian pula materi dalam wujud padat, terdapat
dalam lingkungan sekitar kita dan yang paling sering
kita jumpai seperti: baja, batu, gelas, kaca, kayu,
kapur dan sebagainya.
Perbedaan dari ketiga macam wujud materi adalah kemungkinan dimampatkan, sifat fluida,
bentuk dan volumenya, disajikan dalam Tabel 1.
Tabel 1. Perbandingan sifat materi Gas, Cair dan Padat
Gas Cair Padat
Materi berwujud gas, mudah
dimampatkan, jika terdapat
gas pada satu ruang tertentu,
maka ruang tersebut dapat
diperkecil dengan menambah
tekanan sehingga volume gas
juga mengecil.
Gas dapat mengalir dari satu
ruang yang bertekanan tinggi
ke ruang yang bertekanan
rendah. Gas dapat berubah
bentuk dan volumenya sesuai
dengan ruang yang
ditempatinya, (Gambar 1.2).
Materi berwujud cair, sulit
dimampatkan, dapat dialirkan
dari daerah yang tinggi
kedaerah yang lebih rendah,
perhatikan Gambar 1.3.
Posisi tabung panjang lebih
tinggi dibandingkan gelas yang
ada di bawahnya, Bentuk zat
cair dapat berubah-ubah
sesuai dengan tempatnya,
namun volumenya tetap, pada
gambar tampak bentuk zat cair
mula-mula berupa tabung
panjang dan berubah menjadi
bentuk gelas.
Materi yang berwujud padat
tidak dapat dimampatkan,
tidak memiliki sifat fluida atau
mengalir dan bentuk serta
volumenya tidak dapat
berubah-ubah.
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
3
Gambar 1.2. Gas mengalir dari dalam botol yang
memiliki tekanan menuju balon yang memiliki
tekanan rendah, Dari dalam botol gas mengalir
ke balon dan memiliki bentuk sesuai dengan
bentuk balon.
Gambar 1.3. Cairan mengalir ketika kran
dibuka dari tempat yang tinggi ketempat
yang lebih rendah, bentuk zat cair berubah
dari bentuk tabung panjang menjadi bentuk
gelas, namun volume zat cair tetap.
3. Sifat Materi
Ketiga wujud materi yang sudah kita bahas pada
dasarnya memiliki sifat-sifat tertentu. Secara umum
sifat tersebut dapat kita bagi menjadi dua macam, yaitu
sifat kimia dan sifat fisika, lihat Gambar 1.4.
Sifat fisika dari sebuah materi adalah sifat-sifat yang
terkait dengan perubahan fisika, yaitu sebuah sifat yang
dapat diamati karena adanya perubahan fisika atau
perubahan yang tidak kekal.
Air sebagai zat cair memiliki sifat fisika seperti mendidih
pada suhu 100oC. Sedangkan logam memiliki titik lebur
yang cukup tinggi, misalnya besi melebur pada suhu
1500oC.
Sifat Kimia dari sebuah materi merupakan sifat-sifat
yang dapat diamati muncul pada saat terjadi perubahan
kimia. Untuk lebih mudahnya, kita dapat mengamati
dua buah zat yang berbeda misalnya minyak dan kayu.
Jika kita melakukan pembakaran, maka minyak lebih
mudah terbakar dibandingkan kayu, sehingga mudah
tidaknya sebuah zat terbakar merupakan sifat kimia
dari zat tersebut.
Beberapa sifat kimia yang lain adalah bagaimana
sebuah zat dapat terurai, seperti Batu kapur yang
mudah berubah menjadi kapur tohor yang sering
disebut dengan kapur sirih dan gas karbon dioksida.
Gambar 1.4. Bagan sifat materi
Sifat Materi
Sifat Fisika
Sifat Kimia
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
4
4. Perubahan Materi
Perubahan materi adalah perubahan sifat suatu zat
atau materi menjadi zat yang lain baik yang menjadi
zat baru maupun tidak. Perubahan materi terjadi
dipengaruhi oleh energi baik berupa kalor maupun
listrik. Perubahan materi dibedakan dalam dua
macam yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia,
perhatikan Gambar 1.5.
4.1. Perubahan Fisika
Suatu materi mengalami perubahan fisika, adalah
perubahan zat yang bersifat sementara, seperti
perubahan wujud, bentuk atau ukuran. Perubahan ini
tidak menghasilkan zat baru.
Jika kita memanaskan es, maka es tersebut akan
berubah menjadi air, selanjutnya jika kita panaskan
terus maka air akan berubah menjadi uap air.
Peristiwa ini hanya menunjukan perubahan wujud
dimana es, adalah air yang berbentuk padat, dan air
yang berbentuk cair, dan uap air adalah air yang
berbentuk gas. Tampak bahwa zat masih tetap air.
Berbagai macam perubahan wujud adalah contoh
perubahan fisika. Beberapa contoh di bawah ini,
adalah perubahan wujud yang mudah kita amati.
Proses membeku, perubahan dari zat cair menjadi zat
padat karena terjadi penurunan suhu, membuat es
dan membuat agar-agar atau jelly adalah proses yang
sering dilakukan oleh ibu kita.
Penyubliman adalah peristiwa perubahan zat padat
berubah menjadi gas. Dalam kehidupan sehari-hari
mudah kita jumpai, misalnya kapur barus yang
menyublim menjadi gas berbau wangi. Menghablur
merupakan peristiwa perubahan gas menjadi
padatan, peristiwa ini sering disebut juga dengan
pengkristalan. Proses di laboratorium dapat dilakukan
untuk membuat kristal amonium sulfat yang berasal
dari gas amonia dan belerang dioksida.
Perubahan wujud yang lain adalah menguap, mencair
dan mengembun. Peristiwa ini dapat diamati pada
peristiwa hujan. Peristiwa ini diawali dengan
penguapan air ke udara, selanjutnya mencair kembali
dan kembali ke permukaan bumi (Gambar 1.6).
Gambar 1.5. Bagan perubahan materi
Gambar 1.6. Siklus air, proses
terjadinya hujan dan salju
Perubahan Materi
Perubahan
Fisika
Perubahan
Kimia
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
5
Perubahan bentuk juga termasuk dalam perubahan
fisika, misalnya gandum yang digiling menjadi tepung
terigu. benang dipintal menjadi kain dan batang pohon
dipotong-potong menjad kayu balok, papan dan triplek.
4.2. Perubahan Kimia
Perubahan kimia merupakan yang bersifat kekal
dengan menghasilkan zat baru. Perubahan kimia
disebut juga reaksi kimia. Untuk mempermudah, dapat
kita lakukan percobaan sederhana.
Batang kayu kita ambil dan dibakar, Batang kayu
tersebut berubah menjadi abu, asap dan disertai
keluarnya panas. Abu, asap dan panas yang keluar tidak
berubah kembali menjadi batang kayu. Perhatikan
Gambar 1.7.
Perubahan yang terjadi kekal dan menjadi ciri
perubahan kimia, dengan kata lain, zat sebelum
bereaksi berbeda dengan zat sesudah bereaksi.
Beberapa contoh lain adalah :
1. Pembakaran bahan bakar, bensin atau solar
menghasilkan zat cair dan asap serta energi
yang dapat menggerakkan kendaraan bermotor.
2. Proses fotosiontesa pada tumbuhan yang
memiliki zat hijau daun, mengubah air, gas
carbon dioksida dan bantuan cahaya matahari
dapat diubah menjadi makanan atau
karbohidrat,
3. Pemanasan batu kapur menghasil kapur tohor
dan gas karbondioksida.
5. Energi menyertai perubahan materi
Perubahan yang terjadi pada materi selalu disertai
dengan energi. Energi dapat dihasilkan karena adanya
perubahan atau energi dihasilkan oleh perubahan
materi itu sendiri.
Pada perubahan fisika dapat dihasilkan energi, misalnya
air terjun atau bendungan air, air yang berada di atas
jatuh ke tempat yang lebih rendah dengan melepaskan
energi, dalam pembangkit listrik energi dari air
dipergunakan untuk memutar kincir atau baling-baling
pembangkit tenaga listrik, perhatikan Gambar 1.8.
Gambar 1.7. Kertas dibakar
dihasilkan abu, kertas dan abu
adalah zat yang berbeda
Gambar 1.8. Energi dari air yang
berasal dari bendungan
dipergunakan untuk pembangkit
tenaga listrik.
Demikian pula sebaliknya jika kita pindahkan air dari
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
6
tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi, kita
memerlukan energi, dan kita akan mempergunakan
pompa air sebagai penghasil energinya.
Dalam perubahan kimia atau lebih dikenal dengan
reaksi kimia, dikenal dua istilah eksoterm dan
endoterm. Eksoterm adalah reaksi yang menghasilkan
panas atau energi dan endoterm reaksi yang
membutuhkan energi atau panas.
Dalam kehidupan sehari-hari kita telah memanfaatkan
perubahan kimia yang menghasilkan energi listrik,
misalnya batere, batere digunakan sebagai sumber
energi pada radio. energi listrik yang dihasilkan batere
akan dipergunakan untuk menghidupkan radio. Dalam
hal ini terjadi reaksi didalam batere yang menghasilkan
energi listrik. Untuk menyederhanakan bagaimana
sebuah perubahan kimia dapat menghasilkan energi
atau membutuhkan energi disajikan pada Gambar 1.9.
Zat A memiliki energi sebesar 80 kkal, berubah menjadi
zat B, dimana zat B hanya memiliki energi sebesar 20
kkal. Perubahan A menjadi B hanya dapat terjadi jika
zat A melepaskan energi sebesar 60 kkal. Perubahan
atau reaksi semacam ini disebut dengan reaksi
eksoterm. Penulisan dengan tanda (-) menunjukkan
bahwa perubahan kimia melepaskan atau
menghasilkan energi. Demikian pula sebaliknya pada
reaksi endoterm, misalnya zat C memiliki energi 20
kkal, dapat berubah menjadi zat D yang memiliki
energi sebesar 80 kkal, asalkan zat C mendapatkan
energi dari luar sebesar 60 kkal, perhatikan Gambar
1.9. Penulisan tanda positif menunjukan bahwa
perubahan kimia membutuhkan energi.
6. Klasifikasi materi
Zat-zat yang kita temukan di alam semesta ini hanya
ada dua kemungkinan, yaitu adalah zat tunggal dan
campuran (Gambar 1.10).
6.1. Zat tunggal
Zat tunggal adalah materi yang memiliki susunan
partikel yang tidak mudah dirubah dan memiliki
komposisi yang tetap. Zat tunggal dapat diklasifikasikan
sebagai unsur dan senyawa.
Gambar 1.9. Perubahan Zat A
menjadi B adalah bagan reaksi
eksoterm, perubahan C menjadi D
adalah reaksi endoterm
Gambar 1.10. Bagan klasifikasi
materi
Materi
Zat Campuran
tunggal
Unsur Senyawa
Heterogen Homogen
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
7
Zat tunggal berupa unsur didefinisikan sebagai zat yang
tidak dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih
sederhana. Unsur besi tidak bisa diuraikan menjadi zat
lain, jika ukuran besi ini diperkecil, maka suatu saat
akan didapatkan bagian terkecil yang tidak dapat dibagi
lagi dan disebut dengan atom besi.
Unsur di alam dapat dibagi menjadi dua bagian besar
yaitu unsur logam dan bukan logam (bukan logam).
Unsur logam umumnya berbentuk padat kecuali unsur
air raksa atau mercury (Hg), menghantarkan arus listrik
dan panas. Logam permukaannya mengkilat dapat
ditempa menjadi plat ataupun kawat. Saat ini kita lebih
mengenal dengan nama aliasnya, seperti unsur Ferum
dengan lambang Fe yang kita kenal dengan Besi. Aurum
dengan lambang Au adalah unsur Emas, dan Argentum
(Ag) untuk unsur Perak.
Unsur bukan logam memilki sifat yang berbeda seperti;
tidak dapat menghantarkan arus listrik, panas dan
bersifat sebagai isolator. Permukaan atau penampang
unsurnya tidak mengkilat kecuali unsur Karbon. Wujud
unsur ini berupa gas, sehingga tidak dapat ditempa.
Secara umum unsur bukan logam juga sudah kita kenal,
seperti Oksigen dengan lambang O, Nitrogen dengan
lambang N, dan unsur Sulfur dengan lambng S, dalam
istilah kita adalah Belerang.
Zat tunggal berupa senyawa didefinisikan sebagai zat
yang dibentuk dari berbagai jenis unsur yang saling
terikat secara kimia dan memiliki komposisi yang tetap.
Senyawa terdiri dari beberapa unsur, maka senyawa
dapat diuraikan menjadi unsur-unsurnya dengan proses
tertentu. Contoh senyawa yang paling mudah kita
kenal adalah air. Senyawa air diberi lambang H2O.
Senyawa air terbentuk oleh dua jenis unsur yaitu unsur
Hidrogen (H) dan unsur Oksigen (O), dengan komposisi
2 unsur H dan satu unsur O. Gambar 1.11 menjelaskan
perbedaan unsur dan senyawa.
Di alam senyawa dapat dikelompokkan menjadi dua
bagian yaitu senyawa Organik dan senyawa Anorganik,
pengelompokkan didasari pada unsur-unsur
pembentuknya, lihat Gambar 1.12.
Senyawa Organik didefinisikan sebagai senyawa yang
dibangun oleh unsur karbon sebagai kerangka
utamanya. Senyawa-senyawa ini umumnya berasal dari
Gambar 1.11. Bagan hubungan unsur
dan senyawa dalam proses
penguraian dan pembentukan
Gambar 1.12. Pengelompokan
senyawa berdasarkan unsur
pembentuknya
Senyawa
Senyawa
Anorganik
Senyawa
Organik
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
8
makhkuk hidup atau yang terbentuk oleh makhluk
hidup (organisme).
Senyawa ini mudah kita jumpai seperti ureum atau urea
terdapat pada air seni (urin). Gula pasir atau sakarosa
yang banyak terdapat didalam tebu dan alkohol
merupakan hasil fermentasi dari lautan gula.
Senyawa Anorganik adalah senyawa-senyawa yang
tidak disusun dari atom karbon, umumnya senyawa ini
ditemukan di alam, beberapa contoh senyawa ini
seperti garam dapur (Natrium klorida) dengan lambang
NaCl, alumunium hdroksida yang dijumpai pada obat
mag, memiliki lambang Al(OH)3. Demikian juga dengan
gas yang terlibat dalam proses respirasi yaitu gas
oksigen dengan lambang O2 dan gas karbon dioksida
dengan lambang CO2. Asam juga merupakan salah satu
senyawa anorganik yang mudah kita kenal misalnya
asam nitrat (HNO3), asam klorida (HCl) dan lainnya.
6.2. Campuran
Campuran adalah materi yang disusun oleh beberapa
zat tunggal baik berupa unsur atau senyawa dengan
komposisi yang tidak tetap. Dalam campuran sifat dari
materi penyusunnya tidak berubah.
Contoh sederhana dari campuran dapat kita jumpai di
dapur misalnya saus tomat. Campuran ini mengandung
karbohidrat, protein, vitamin C dan masih banyak zatzat
lainnya. Sifat karbohidrat, protein dan vitamin C
tidak berubah.
Campuran dapat kita bagi menjadi dua jenis, yaitu
campuran homogen dan campuran heterogen.
Campuran homogen adalah campuran serbasama yang
materi-materi penyusunnya berinteraksi, namun tidak
membentuk zat baru. Untuk lebih jelasnya kita
perhatikan contohnya larutan gula dalam sebuah gelas.
Larutan ini merupakan campuran air dengan gula, jika
kita coba rasakan, maka rasa larutan diseluruh bagian
gelas adalah sama manisnya, baik yang dipermukaan,
ditengah maupun dibagian bawah. Campuran homogen
yang memiliki pelarut air sering disebut juga dengan
larutan lihat Gambar 1.13.
Campuran homogen dapat pula berbentuk sebagai
campuran antara logam dengan logam, seperti emas 23
karat merupakan campuran antara logam emas dan
Gambar 1.13. Contoh campuaran
homogeny dan heterogen, A.
Larutan Kalium bikromat dan B. Susu
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
9
perak. Kedua logam tersebut memadu sehingga tidak
tampak lagi bagian emas atau bagian peraknya.
Campuran logam lain seperti perunggu, alloy, amalgam
dan lain sebagainya.
Campuran heterogen adalah campuran serbaneka,
dimana materi-materi penyusunnya tidak berinteraksi,
sehingga kita dapat mengamati dengan jelas dari materi
penyusun campuran tersebut (Gambar 1.13).
Campuran heterogen tidak memerlukan komposisi yang
tetap seperti halnya senyawa, jika kita mencampurkan
dua materi atau lebih maka akan terjadi campuran.
Contoh yang paling mudah kita amati dan kita lakukan
adalah mencampur minyak dengan air, kita dapat
menentukan bagian minyak dan bagian air dengan
indera mata kita. Perhatikan pula susu campuran yang
kompleks, terdiri dari berbagai macam zat seperti
protein, karbohidrat, lemak, vitamin C dan E dan
mineral (Gambar 1.13).
7. Peran Ilmu Kimia
Pemabahasan ringkas tentang materi, wujud, sifat dan
perubahan dari materi serta energi merupakan ruang
lingkup pengkajian ilmu kimia. Saat ini perkembangan
ilmu kimia sangat pesat dan telah memberikan andil
yang sangat besar dalam kehidupan manusia.
Ilmu Kimia telah menghantarkan produk-produk baru
yang sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan
hidup manusia. Dalam kehidupan sehari-hari banyak
produk yang telah kita pergunakan seperti, sabun,
deterjen, pasta gigi dan kosmetik. Penggunaan polimer
pengganti untuk kebutuhan industri dan peralatan
rumah tangga dari penggunaan bahan baku logam telah
beralih menjadi bahan baku plastik polivynil clorida
(PVC).Kebutuhan makanan juga menjadi bagian yang
banyak dikembangkan dari kemassan, makanan olahan
(Gambar 1.14) sampai dengan pengawetan.
Luasnya area pengembangan ilmu kimia, sehingga
keterkaitan antara satu bidang ilmu dengan bidang
ilmu lainnya menjadi sangat erat. Peran ilmu kimia
untuk membantu pengembangan ilmu lainnya seperti
pada bidang geologi, sifat-sifat kimia dari berbagai
material bumi dan teknik analisisnya telah
mempermudah geolog dalam mempelajari kandungan
material bumi; logam maupun minyak bumi.
Gambar 1.14. Produk olahan industri
pangan, susu, keju, gula pasir dan
asam cuka.
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
10
Pada bidang pertanian, analis kimia mampu
memberikan informasi tentang kandungan tanah
yang terkait dengan kesuburan tanah, dengan data
tersebut para petani dapat menetapkan
tumbuhan/tanaman yang tepat. Kekurangan zat-zat
yang dibutuhkan tanaman dapat dipenuhi dengan
pupuk buatan, demikian pula dengan serangan hama
dan penyakit dapat menggunakan pestisida dan
Insektisida. Dalam bidang kesehatan, ilmu kimia
cukup memberikan kontribusi, dengan
diketemukannya jalur perombakan makanan seperti
karbohidrat, protein dan lipid. Hal ini mempermudah
para ahli bidang kesehatan untuk mendiagnosa
berbagai penyakit. Interaksi kimia dalam tubuh
manusia dalam sistem pencernaan, pernafasan,
sirkulasi, ekskresi, gerak, reproduksi, hormon dan
sistem saraf, juga telah mengantarkan penemuan
dalam bidang farmasi khususnya penemuan obatobatan
(Gambar 1.15).
Gambar 1.15. Produk industri rumah
tangga berlapis teflon, gelas
polystiren, suplemen mineral,
suplemen makanan dan obat sakit
kepala dan flu.
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
11
RANGKUMAN
1. lmu Kimia ialah ilmu penngetahuan yang mempelajari
tentang materi meliputi susunan, struktur, sifat dan
perubahan materi, serta energi yang menyertainya.
2. Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan
mempunyai massa.
3. Perubahan yang terjadi pada materi yaitu perubahan fisika
dan perubahan kimia.
4. Perubahan fisika yaitu perubahan yang tidak menghasilkan
materi baru, yang berubah bentuk dan wujud materi,
sedangkan perubahan kimia yaitu perubahan yang
menghasilkan materi baru
5. Materi dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian yaitu zat
tunggal dan campuran
6. Zat tunggal dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu unsur
dan senyawa.
7. Unsur zat yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain yang
lebih sederhana.
8. Senyawa didefinisikan sebagai zat yang dibentuk dari
berbagai jenis unsur yang saling terikat secara kimia dan
memiliki komposisi yang tetap.
9. Di alam terdapat dua macam senyawa yaitu senyawa organik
dan senyawa anorganik.
10. Senyawa organik adalah senyawa yang dibangun oleh unsur
karbon sebagai kerangka utamanya. Senyawa-senyawa ini
umumnya berasal dari makhkuk hidup atau yang terbentuk
oleh makhluk hidup (organisme).
11. Senyawa anorganik senyawa-senyawa yang tidak disusun dari
atom karbon, umumnya senyawa ini ditemukan di alam,
12. Campuran dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian yaitu
campuran homogen dan campuran heterogen.
13. Campuran homogen adalah campuran serbasama yang
materi-materi penyusunnya berinteraksi, namun tidak
membentuk zat baru.
14. Campuran heterogen campuran serbaneka, dimana materimateri
penyusunnya tidak berinteraksi, sehingga kita dapat
mengamati dengan jelas dari materi penyusun campuran
tersebut.
15. Ilmu kimia berperan dalam peningkatan kesejahteraan
manusia dan perkembangan lain, misalnya dalam pemenuhan
kebutuhan lain, misalnya dalam pemenuhan kebutuhan
rumah tangga, kemajuan ilmu kedokteran, peningkatan
produktivitas pertanian, kemajuan teknologi, transportasi,
penegakan hukum, kelestarian lingkungan dan kemajuan
fotografi dan seni.
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
12
UJI
KOMPETENSI
Pilihlah Salah satu jawaban yang paling tepat
1. Ruang lingkup kajian Ilmu Kimia adalah ….
a. Berat Jenis
b. Susunan materi
c. Sifat-sifat materi
d. Perubahan materi
e. Perubahan energi
2. Berikut ini adalah contoh dari perubahan kimia.
a. Lilin meleleh
b. Melarutkan garam
c. Pembekuan air
d. Pembuatan kompos
e. Penguapan
3. Perubahan fisika ditunjukkan pada proses, kecuali ….
a. Penguapan
b. Pelarutan
c. Perkaratan
d. Pengembunan
e. Pengkristalan
4. Contoh peristiwa pengembunan terjadi pada proses ….
a. Nasi menjadi bubur
b. Lilin yang dipanaskan
c. Uap menjadi air
d. Kapur barus menjadi gas
e. Besi dipanaskan 1000oC
5. Contoh untuk campuran heterogen adalah
a. Larutan Garam
b. Larutan gula
c. Amalgam
d. Susu
e. Alloy
6. Campuran homogen yang menggunakan pelarut air disebut
dengan….
a. Senyawa
b. Unsur
c. Larutan
d. Alloy
e. Amalgam
7. Contoh unsur yang tepat adalah
a. Garam dapur
b. Gula
c. Amalgam
d. Alloy
e. Oksigen
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
13
UJI
KOMPETENSI
8. Di bawah ini adalah contoh senyawa, kecuali…
a. Alkohol
b. Sakarosa
c. Hidrogen
d. Air
e. Garam dapur
9. Gas oksigen dengan lambang O2, merupakan ….
a. Senyawa
b. Unsur
c. Campuran homogen
d. Campuran heterogen
e. Salah semua
10. Senyawa air dengan dengan lambang H2O memiliki komposisi yang
tetap yaitu …
a. Satu unsur H dan satu unsur O
b. Dua unsur H dan dua unsur O
c. Dua unsur H dan satu unsur O
d. Satu unsur H dan dua unsur O
e. Campuran a dan b
Jawablah dengan singkat
1. Sebutkan sumbangan ilmu kimia dibidang industri makanan.
2. Sebutkan sumbangan ilmu kimia dibidang industri pertanian.
3. Sebutkan sumbangan ilmu kimia dibidang industri kesehatan.
1
BAB. 1. Ruang lingkup
Ilmu Kimia
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Memahami konsep materi dan
perubahannya
Mengelompokan sifat materi
Mengelompokkan perubahan materi
Mengklasifikasi materi
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengenal ruang lingkup dan kajian ilmu kimia
2. Siswa mampu mendeskripsikan materi beserta perubahan wujudnya
3. Siswa dapat membedakan materi berdasarkan wujudnya
4. Siswa mampu mendeskripsikan sifat dan perubahan materi
5. Siswa mampu mengidentifikasi peran energy dalam perubahan materi
6. Siswa dapat mengklasifikasikan materi
7. Siswa mengenal keberadaan materi di alam
1. Ilmu Kimia
Dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan, kita selalu
mengamati pada lingkungan sekitar, dan yang menjadi
fokus perhatian kita adalah lingkungan sekitar. Alam
semesta merupakan salah satu daerah pengamatan
bagi para peneliti ilmu pengetahuan alam. Sedangkan
interaksi sesama manusia dipelajari para ahli ilmu
sosial.
Salah satu bagian dari ilmu pengetahuan alam adalah
ilmu kimia, daerah yang dipelajari ahli kimia adalah
materi terkait dengan struktur, susunan, sifat dan
perubahan materi serta energi yang menyertainya.
2. Materi dan Wujudnya
Istilah materi sudah sering kita dengar dan juga
menjadi kata-kata yang dipilih sebagai bahan ejekan
terhadap seseorang yang memiliki orientasi terhadap
uang dan kebendaan lainnya. Istilah materi dapat kita
rujukan dengan alam sekitar kita seperti tumbuhan,
hewan, manusia, bebatuan dan lainnya. Alam sekitar
kita merupakan ruang dan yang kita lihat adalah
sesuatu yang memiliki massa atau berat dan juga
Gambar 1.1. Bagan pengelompokan
materi berdasarkan wujudnya
Wujud Materi
Padat
Gas
Cair
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
2
volume, sehingga materi didefinisikan sebagai segala
sesuatu yang menempati ruang memiliki massa,
volume dan memiliki sifat-sifat tertentu.
Materi memiliki massa, volume dan sifat, sehingga
setiap materi memiliki wujud tertentu. Jika kita
melihat sebuah benda atau materi, maka wujudnya
bermacam-macam. Di lingkungan sekitar kita mudah
dijumpai materi seperti kayu, air, dan udara.
Berdasarkan wujudnya maka materi dapat
dikelompokkan menjadi tiga yaitu : padat, cair dan gas
(Gambar 1.1).
Kita dengan mudah menemui materi yang berwujud
gas, seperti: udara, gas bumi, gas elpiji, uap air, dan
lainnya. Untuk yang berwujud cair, mudah kita temui
dalam kehidupan sehari-hari kita seperti: air, minyak
goreng, alkohol, bensin, solar, larutan gula, air laut.
Demikian pula materi dalam wujud padat, terdapat
dalam lingkungan sekitar kita dan yang paling sering
kita jumpai seperti: baja, batu, gelas, kaca, kayu,
kapur dan sebagainya.
Perbedaan dari ketiga macam wujud materi adalah kemungkinan dimampatkan, sifat fluida,
bentuk dan volumenya, disajikan dalam Tabel 1.
Tabel 1. Perbandingan sifat materi Gas, Cair dan Padat
Gas Cair Padat
Materi berwujud gas, mudah
dimampatkan, jika terdapat
gas pada satu ruang tertentu,
maka ruang tersebut dapat
diperkecil dengan menambah
tekanan sehingga volume gas
juga mengecil.
Gas dapat mengalir dari satu
ruang yang bertekanan tinggi
ke ruang yang bertekanan
rendah. Gas dapat berubah
bentuk dan volumenya sesuai
dengan ruang yang
ditempatinya, (Gambar 1.2).
Materi berwujud cair, sulit
dimampatkan, dapat dialirkan
dari daerah yang tinggi
kedaerah yang lebih rendah,
perhatikan Gambar 1.3.
Posisi tabung panjang lebih
tinggi dibandingkan gelas yang
ada di bawahnya, Bentuk zat
cair dapat berubah-ubah
sesuai dengan tempatnya,
namun volumenya tetap, pada
gambar tampak bentuk zat cair
mula-mula berupa tabung
panjang dan berubah menjadi
bentuk gelas.
Materi yang berwujud padat
tidak dapat dimampatkan,
tidak memiliki sifat fluida atau
mengalir dan bentuk serta
volumenya tidak dapat
berubah-ubah.
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
3
Gambar 1.2. Gas mengalir dari dalam botol yang
memiliki tekanan menuju balon yang memiliki
tekanan rendah, Dari dalam botol gas mengalir
ke balon dan memiliki bentuk sesuai dengan
bentuk balon.
Gambar 1.3. Cairan mengalir ketika kran
dibuka dari tempat yang tinggi ketempat
yang lebih rendah, bentuk zat cair berubah
dari bentuk tabung panjang menjadi bentuk
gelas, namun volume zat cair tetap.
3. Sifat Materi
Ketiga wujud materi yang sudah kita bahas pada
dasarnya memiliki sifat-sifat tertentu. Secara umum
sifat tersebut dapat kita bagi menjadi dua macam, yaitu
sifat kimia dan sifat fisika, lihat Gambar 1.4.
Sifat fisika dari sebuah materi adalah sifat-sifat yang
terkait dengan perubahan fisika, yaitu sebuah sifat yang
dapat diamati karena adanya perubahan fisika atau
perubahan yang tidak kekal.
Air sebagai zat cair memiliki sifat fisika seperti mendidih
pada suhu 100oC. Sedangkan logam memiliki titik lebur
yang cukup tinggi, misalnya besi melebur pada suhu
1500oC.
Sifat Kimia dari sebuah materi merupakan sifat-sifat
yang dapat diamati muncul pada saat terjadi perubahan
kimia. Untuk lebih mudahnya, kita dapat mengamati
dua buah zat yang berbeda misalnya minyak dan kayu.
Jika kita melakukan pembakaran, maka minyak lebih
mudah terbakar dibandingkan kayu, sehingga mudah
tidaknya sebuah zat terbakar merupakan sifat kimia
dari zat tersebut.
Beberapa sifat kimia yang lain adalah bagaimana
sebuah zat dapat terurai, seperti Batu kapur yang
mudah berubah menjadi kapur tohor yang sering
disebut dengan kapur sirih dan gas karbon dioksida.
Gambar 1.4. Bagan sifat materi
Sifat Materi
Sifat Fisika
Sifat Kimia
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
4
4. Perubahan Materi
Perubahan materi adalah perubahan sifat suatu zat
atau materi menjadi zat yang lain baik yang menjadi
zat baru maupun tidak. Perubahan materi terjadi
dipengaruhi oleh energi baik berupa kalor maupun
listrik. Perubahan materi dibedakan dalam dua
macam yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia,
perhatikan Gambar 1.5.
4.1. Perubahan Fisika
Suatu materi mengalami perubahan fisika, adalah
perubahan zat yang bersifat sementara, seperti
perubahan wujud, bentuk atau ukuran. Perubahan ini
tidak menghasilkan zat baru.
Jika kita memanaskan es, maka es tersebut akan
berubah menjadi air, selanjutnya jika kita panaskan
terus maka air akan berubah menjadi uap air.
Peristiwa ini hanya menunjukan perubahan wujud
dimana es, adalah air yang berbentuk padat, dan air
yang berbentuk cair, dan uap air adalah air yang
berbentuk gas. Tampak bahwa zat masih tetap air.
Berbagai macam perubahan wujud adalah contoh
perubahan fisika. Beberapa contoh di bawah ini,
adalah perubahan wujud yang mudah kita amati.
Proses membeku, perubahan dari zat cair menjadi zat
padat karena terjadi penurunan suhu, membuat es
dan membuat agar-agar atau jelly adalah proses yang
sering dilakukan oleh ibu kita.
Penyubliman adalah peristiwa perubahan zat padat
berubah menjadi gas. Dalam kehidupan sehari-hari
mudah kita jumpai, misalnya kapur barus yang
menyublim menjadi gas berbau wangi. Menghablur
merupakan peristiwa perubahan gas menjadi
padatan, peristiwa ini sering disebut juga dengan
pengkristalan. Proses di laboratorium dapat dilakukan
untuk membuat kristal amonium sulfat yang berasal
dari gas amonia dan belerang dioksida.
Perubahan wujud yang lain adalah menguap, mencair
dan mengembun. Peristiwa ini dapat diamati pada
peristiwa hujan. Peristiwa ini diawali dengan
penguapan air ke udara, selanjutnya mencair kembali
dan kembali ke permukaan bumi (Gambar 1.6).
Gambar 1.5. Bagan perubahan materi
Gambar 1.6. Siklus air, proses
terjadinya hujan dan salju
Perubahan Materi
Perubahan
Fisika
Perubahan
Kimia
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
5
Perubahan bentuk juga termasuk dalam perubahan
fisika, misalnya gandum yang digiling menjadi tepung
terigu. benang dipintal menjadi kain dan batang pohon
dipotong-potong menjad kayu balok, papan dan triplek.
4.2. Perubahan Kimia
Perubahan kimia merupakan yang bersifat kekal
dengan menghasilkan zat baru. Perubahan kimia
disebut juga reaksi kimia. Untuk mempermudah, dapat
kita lakukan percobaan sederhana.
Batang kayu kita ambil dan dibakar, Batang kayu
tersebut berubah menjadi abu, asap dan disertai
keluarnya panas. Abu, asap dan panas yang keluar tidak
berubah kembali menjadi batang kayu. Perhatikan
Gambar 1.7.
Perubahan yang terjadi kekal dan menjadi ciri
perubahan kimia, dengan kata lain, zat sebelum
bereaksi berbeda dengan zat sesudah bereaksi.
Beberapa contoh lain adalah :
1. Pembakaran bahan bakar, bensin atau solar
menghasilkan zat cair dan asap serta energi
yang dapat menggerakkan kendaraan bermotor.
2. Proses fotosiontesa pada tumbuhan yang
memiliki zat hijau daun, mengubah air, gas
carbon dioksida dan bantuan cahaya matahari
dapat diubah menjadi makanan atau
karbohidrat,
3. Pemanasan batu kapur menghasil kapur tohor
dan gas karbondioksida.
5. Energi menyertai perubahan materi
Perubahan yang terjadi pada materi selalu disertai
dengan energi. Energi dapat dihasilkan karena adanya
perubahan atau energi dihasilkan oleh perubahan
materi itu sendiri.
Pada perubahan fisika dapat dihasilkan energi, misalnya
air terjun atau bendungan air, air yang berada di atas
jatuh ke tempat yang lebih rendah dengan melepaskan
energi, dalam pembangkit listrik energi dari air
dipergunakan untuk memutar kincir atau baling-baling
pembangkit tenaga listrik, perhatikan Gambar 1.8.
Gambar 1.7. Kertas dibakar
dihasilkan abu, kertas dan abu
adalah zat yang berbeda
Gambar 1.8. Energi dari air yang
berasal dari bendungan
dipergunakan untuk pembangkit
tenaga listrik.
Demikian pula sebaliknya jika kita pindahkan air dari
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
6
tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi, kita
memerlukan energi, dan kita akan mempergunakan
pompa air sebagai penghasil energinya.
Dalam perubahan kimia atau lebih dikenal dengan
reaksi kimia, dikenal dua istilah eksoterm dan
endoterm. Eksoterm adalah reaksi yang menghasilkan
panas atau energi dan endoterm reaksi yang
membutuhkan energi atau panas.
Dalam kehidupan sehari-hari kita telah memanfaatkan
perubahan kimia yang menghasilkan energi listrik,
misalnya batere, batere digunakan sebagai sumber
energi pada radio. energi listrik yang dihasilkan batere
akan dipergunakan untuk menghidupkan radio. Dalam
hal ini terjadi reaksi didalam batere yang menghasilkan
energi listrik. Untuk menyederhanakan bagaimana
sebuah perubahan kimia dapat menghasilkan energi
atau membutuhkan energi disajikan pada Gambar 1.9.
Zat A memiliki energi sebesar 80 kkal, berubah menjadi
zat B, dimana zat B hanya memiliki energi sebesar 20
kkal. Perubahan A menjadi B hanya dapat terjadi jika
zat A melepaskan energi sebesar 60 kkal. Perubahan
atau reaksi semacam ini disebut dengan reaksi
eksoterm. Penulisan dengan tanda (-) menunjukkan
bahwa perubahan kimia melepaskan atau
menghasilkan energi. Demikian pula sebaliknya pada
reaksi endoterm, misalnya zat C memiliki energi 20
kkal, dapat berubah menjadi zat D yang memiliki
energi sebesar 80 kkal, asalkan zat C mendapatkan
energi dari luar sebesar 60 kkal, perhatikan Gambar
1.9. Penulisan tanda positif menunjukan bahwa
perubahan kimia membutuhkan energi.
6. Klasifikasi materi
Zat-zat yang kita temukan di alam semesta ini hanya
ada dua kemungkinan, yaitu adalah zat tunggal dan
campuran (Gambar 1.10).
6.1. Zat tunggal
Zat tunggal adalah materi yang memiliki susunan
partikel yang tidak mudah dirubah dan memiliki
komposisi yang tetap. Zat tunggal dapat diklasifikasikan
sebagai unsur dan senyawa.
Gambar 1.9. Perubahan Zat A
menjadi B adalah bagan reaksi
eksoterm, perubahan C menjadi D
adalah reaksi endoterm
Gambar 1.10. Bagan klasifikasi
materi
Materi
Zat Campuran
tunggal
Unsur Senyawa
Heterogen Homogen
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
7
Zat tunggal berupa unsur didefinisikan sebagai zat yang
tidak dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih
sederhana. Unsur besi tidak bisa diuraikan menjadi zat
lain, jika ukuran besi ini diperkecil, maka suatu saat
akan didapatkan bagian terkecil yang tidak dapat dibagi
lagi dan disebut dengan atom besi.
Unsur di alam dapat dibagi menjadi dua bagian besar
yaitu unsur logam dan bukan logam (bukan logam).
Unsur logam umumnya berbentuk padat kecuali unsur
air raksa atau mercury (Hg), menghantarkan arus listrik
dan panas. Logam permukaannya mengkilat dapat
ditempa menjadi plat ataupun kawat. Saat ini kita lebih
mengenal dengan nama aliasnya, seperti unsur Ferum
dengan lambang Fe yang kita kenal dengan Besi. Aurum
dengan lambang Au adalah unsur Emas, dan Argentum
(Ag) untuk unsur Perak.
Unsur bukan logam memilki sifat yang berbeda seperti;
tidak dapat menghantarkan arus listrik, panas dan
bersifat sebagai isolator. Permukaan atau penampang
unsurnya tidak mengkilat kecuali unsur Karbon. Wujud
unsur ini berupa gas, sehingga tidak dapat ditempa.
Secara umum unsur bukan logam juga sudah kita kenal,
seperti Oksigen dengan lambang O, Nitrogen dengan
lambang N, dan unsur Sulfur dengan lambng S, dalam
istilah kita adalah Belerang.
Zat tunggal berupa senyawa didefinisikan sebagai zat
yang dibentuk dari berbagai jenis unsur yang saling
terikat secara kimia dan memiliki komposisi yang tetap.
Senyawa terdiri dari beberapa unsur, maka senyawa
dapat diuraikan menjadi unsur-unsurnya dengan proses
tertentu. Contoh senyawa yang paling mudah kita
kenal adalah air. Senyawa air diberi lambang H2O.
Senyawa air terbentuk oleh dua jenis unsur yaitu unsur
Hidrogen (H) dan unsur Oksigen (O), dengan komposisi
2 unsur H dan satu unsur O. Gambar 1.11 menjelaskan
perbedaan unsur dan senyawa.
Di alam senyawa dapat dikelompokkan menjadi dua
bagian yaitu senyawa Organik dan senyawa Anorganik,
pengelompokkan didasari pada unsur-unsur
pembentuknya, lihat Gambar 1.12.
Senyawa Organik didefinisikan sebagai senyawa yang
dibangun oleh unsur karbon sebagai kerangka
utamanya. Senyawa-senyawa ini umumnya berasal dari
Gambar 1.11. Bagan hubungan unsur
dan senyawa dalam proses
penguraian dan pembentukan
Gambar 1.12. Pengelompokan
senyawa berdasarkan unsur
pembentuknya
Senyawa
Senyawa
Anorganik
Senyawa
Organik
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
8
makhkuk hidup atau yang terbentuk oleh makhluk
hidup (organisme).
Senyawa ini mudah kita jumpai seperti ureum atau urea
terdapat pada air seni (urin). Gula pasir atau sakarosa
yang banyak terdapat didalam tebu dan alkohol
merupakan hasil fermentasi dari lautan gula.
Senyawa Anorganik adalah senyawa-senyawa yang
tidak disusun dari atom karbon, umumnya senyawa ini
ditemukan di alam, beberapa contoh senyawa ini
seperti garam dapur (Natrium klorida) dengan lambang
NaCl, alumunium hdroksida yang dijumpai pada obat
mag, memiliki lambang Al(OH)3. Demikian juga dengan
gas yang terlibat dalam proses respirasi yaitu gas
oksigen dengan lambang O2 dan gas karbon dioksida
dengan lambang CO2. Asam juga merupakan salah satu
senyawa anorganik yang mudah kita kenal misalnya
asam nitrat (HNO3), asam klorida (HCl) dan lainnya.
6.2. Campuran
Campuran adalah materi yang disusun oleh beberapa
zat tunggal baik berupa unsur atau senyawa dengan
komposisi yang tidak tetap. Dalam campuran sifat dari
materi penyusunnya tidak berubah.
Contoh sederhana dari campuran dapat kita jumpai di
dapur misalnya saus tomat. Campuran ini mengandung
karbohidrat, protein, vitamin C dan masih banyak zatzat
lainnya. Sifat karbohidrat, protein dan vitamin C
tidak berubah.
Campuran dapat kita bagi menjadi dua jenis, yaitu
campuran homogen dan campuran heterogen.
Campuran homogen adalah campuran serbasama yang
materi-materi penyusunnya berinteraksi, namun tidak
membentuk zat baru. Untuk lebih jelasnya kita
perhatikan contohnya larutan gula dalam sebuah gelas.
Larutan ini merupakan campuran air dengan gula, jika
kita coba rasakan, maka rasa larutan diseluruh bagian
gelas adalah sama manisnya, baik yang dipermukaan,
ditengah maupun dibagian bawah. Campuran homogen
yang memiliki pelarut air sering disebut juga dengan
larutan lihat Gambar 1.13.
Campuran homogen dapat pula berbentuk sebagai
campuran antara logam dengan logam, seperti emas 23
karat merupakan campuran antara logam emas dan
Gambar 1.13. Contoh campuaran
homogeny dan heterogen, A.
Larutan Kalium bikromat dan B. Susu
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
9
perak. Kedua logam tersebut memadu sehingga tidak
tampak lagi bagian emas atau bagian peraknya.
Campuran logam lain seperti perunggu, alloy, amalgam
dan lain sebagainya.
Campuran heterogen adalah campuran serbaneka,
dimana materi-materi penyusunnya tidak berinteraksi,
sehingga kita dapat mengamati dengan jelas dari materi
penyusun campuran tersebut (Gambar 1.13).
Campuran heterogen tidak memerlukan komposisi yang
tetap seperti halnya senyawa, jika kita mencampurkan
dua materi atau lebih maka akan terjadi campuran.
Contoh yang paling mudah kita amati dan kita lakukan
adalah mencampur minyak dengan air, kita dapat
menentukan bagian minyak dan bagian air dengan
indera mata kita. Perhatikan pula susu campuran yang
kompleks, terdiri dari berbagai macam zat seperti
protein, karbohidrat, lemak, vitamin C dan E dan
mineral (Gambar 1.13).
7. Peran Ilmu Kimia
Pemabahasan ringkas tentang materi, wujud, sifat dan
perubahan dari materi serta energi merupakan ruang
lingkup pengkajian ilmu kimia. Saat ini perkembangan
ilmu kimia sangat pesat dan telah memberikan andil
yang sangat besar dalam kehidupan manusia.
Ilmu Kimia telah menghantarkan produk-produk baru
yang sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan
hidup manusia. Dalam kehidupan sehari-hari banyak
produk yang telah kita pergunakan seperti, sabun,
deterjen, pasta gigi dan kosmetik. Penggunaan polimer
pengganti untuk kebutuhan industri dan peralatan
rumah tangga dari penggunaan bahan baku logam telah
beralih menjadi bahan baku plastik polivynil clorida
(PVC).Kebutuhan makanan juga menjadi bagian yang
banyak dikembangkan dari kemassan, makanan olahan
(Gambar 1.14) sampai dengan pengawetan.
Luasnya area pengembangan ilmu kimia, sehingga
keterkaitan antara satu bidang ilmu dengan bidang
ilmu lainnya menjadi sangat erat. Peran ilmu kimia
untuk membantu pengembangan ilmu lainnya seperti
pada bidang geologi, sifat-sifat kimia dari berbagai
material bumi dan teknik analisisnya telah
mempermudah geolog dalam mempelajari kandungan
material bumi; logam maupun minyak bumi.
Gambar 1.14. Produk olahan industri
pangan, susu, keju, gula pasir dan
asam cuka.
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
10
Pada bidang pertanian, analis kimia mampu
memberikan informasi tentang kandungan tanah
yang terkait dengan kesuburan tanah, dengan data
tersebut para petani dapat menetapkan
tumbuhan/tanaman yang tepat. Kekurangan zat-zat
yang dibutuhkan tanaman dapat dipenuhi dengan
pupuk buatan, demikian pula dengan serangan hama
dan penyakit dapat menggunakan pestisida dan
Insektisida. Dalam bidang kesehatan, ilmu kimia
cukup memberikan kontribusi, dengan
diketemukannya jalur perombakan makanan seperti
karbohidrat, protein dan lipid. Hal ini mempermudah
para ahli bidang kesehatan untuk mendiagnosa
berbagai penyakit. Interaksi kimia dalam tubuh
manusia dalam sistem pencernaan, pernafasan,
sirkulasi, ekskresi, gerak, reproduksi, hormon dan
sistem saraf, juga telah mengantarkan penemuan
dalam bidang farmasi khususnya penemuan obatobatan
(Gambar 1.15).
Gambar 1.15. Produk industri rumah
tangga berlapis teflon, gelas
polystiren, suplemen mineral,
suplemen makanan dan obat sakit
kepala dan flu.
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
11
RANGKUMAN
1. lmu Kimia ialah ilmu penngetahuan yang mempelajari
tentang materi meliputi susunan, struktur, sifat dan
perubahan materi, serta energi yang menyertainya.
2. Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan
mempunyai massa.
3. Perubahan yang terjadi pada materi yaitu perubahan fisika
dan perubahan kimia.
4. Perubahan fisika yaitu perubahan yang tidak menghasilkan
materi baru, yang berubah bentuk dan wujud materi,
sedangkan perubahan kimia yaitu perubahan yang
menghasilkan materi baru
5. Materi dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian yaitu zat
tunggal dan campuran
6. Zat tunggal dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu unsur
dan senyawa.
7. Unsur zat yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain yang
lebih sederhana.
8. Senyawa didefinisikan sebagai zat yang dibentuk dari
berbagai jenis unsur yang saling terikat secara kimia dan
memiliki komposisi yang tetap.
9. Di alam terdapat dua macam senyawa yaitu senyawa organik
dan senyawa anorganik.
10. Senyawa organik adalah senyawa yang dibangun oleh unsur
karbon sebagai kerangka utamanya. Senyawa-senyawa ini
umumnya berasal dari makhkuk hidup atau yang terbentuk
oleh makhluk hidup (organisme).
11. Senyawa anorganik senyawa-senyawa yang tidak disusun dari
atom karbon, umumnya senyawa ini ditemukan di alam,
12. Campuran dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian yaitu
campuran homogen dan campuran heterogen.
13. Campuran homogen adalah campuran serbasama yang
materi-materi penyusunnya berinteraksi, namun tidak
membentuk zat baru.
14. Campuran heterogen campuran serbaneka, dimana materimateri
penyusunnya tidak berinteraksi, sehingga kita dapat
mengamati dengan jelas dari materi penyusun campuran
tersebut.
15. Ilmu kimia berperan dalam peningkatan kesejahteraan
manusia dan perkembangan lain, misalnya dalam pemenuhan
kebutuhan lain, misalnya dalam pemenuhan kebutuhan
rumah tangga, kemajuan ilmu kedokteran, peningkatan
produktivitas pertanian, kemajuan teknologi, transportasi,
penegakan hukum, kelestarian lingkungan dan kemajuan
fotografi dan seni.
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
12
UJI
KOMPETENSI
Pilihlah Salah satu jawaban yang paling tepat
1. Ruang lingkup kajian Ilmu Kimia adalah ….
a. Berat Jenis
b. Susunan materi
c. Sifat-sifat materi
d. Perubahan materi
e. Perubahan energi
2. Berikut ini adalah contoh dari perubahan kimia.
a. Lilin meleleh
b. Melarutkan garam
c. Pembekuan air
d. Pembuatan kompos
e. Penguapan
3. Perubahan fisika ditunjukkan pada proses, kecuali ….
a. Penguapan
b. Pelarutan
c. Perkaratan
d. Pengembunan
e. Pengkristalan
4. Contoh peristiwa pengembunan terjadi pada proses ….
a. Nasi menjadi bubur
b. Lilin yang dipanaskan
c. Uap menjadi air
d. Kapur barus menjadi gas
e. Besi dipanaskan 1000oC
5. Contoh untuk campuran heterogen adalah
a. Larutan Garam
b. Larutan gula
c. Amalgam
d. Susu
e. Alloy
6. Campuran homogen yang menggunakan pelarut air disebut
dengan….
a. Senyawa
b. Unsur
c. Larutan
d. Alloy
e. Amalgam
7. Contoh unsur yang tepat adalah
a. Garam dapur
b. Gula
c. Amalgam
d. Alloy
e. Oksigen
Kimia Kesehatan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2007
13
UJI
KOMPETENSI
8. Di bawah ini adalah contoh senyawa, kecuali…
a. Alkohol
b. Sakarosa
c. Hidrogen
d. Air
e. Garam dapur
9. Gas oksigen dengan lambang O2, merupakan ….
a. Senyawa
b. Unsur
c. Campuran homogen
d. Campuran heterogen
e. Salah semua
10. Senyawa air dengan dengan lambang H2O memiliki komposisi yang
tetap yaitu …
a. Satu unsur H dan satu unsur O
b. Dua unsur H dan dua unsur O
c. Dua unsur H dan satu unsur O
d. Satu unsur H dan dua unsur O
e. Campuran a dan b
Jawablah dengan singkat
1. Sebutkan sumbangan ilmu kimia dibidang industri makanan.
2. Sebutkan sumbangan ilmu kimia dibidang industri pertanian.
3. Sebutkan sumbangan ilmu kimia dibidang industri kesehatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar