English French German Spain Italian Dutch Russian Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

27/04/11

Paparan Pestisida Saat Hamil Pengaruhi IQ Anak




Bagi wanita hamil, pintar-pintarlah memilah makanan. Jika salah milih bisa jadi sang buah hati terkena dampaknya. Seperti penelitian yang mengaitkan bahayanya paparan pestisida terhadap IQ anak.

Menurut tiga penelitian independen yang di publish di Jurnal Environmental Health Perspectives, ibu yang terkena pestisida selama kehamilan dapat menyebabkan anak-anak mereka memiliki IQ lebih rendah pada usia 7 tahun daripada mereka yang tidak terpapar.

Organofosfat, yang membunuh hama pada tanaman pangan dengan menyerang sistem saraf, ditemukan dalam jumlah yang banyak pada buah-buahan jenis berrie, kacang hijau, serta buah-buahan dan sayuran lainnya. Organofosfat berhubungan dengan defisit perhatian dan keterlambatan perkembangan. Jenis ini umumnya ditemukan di rumah-rumah dan kebun.

Dua penelitian dilakukan oleh peneliti di Mount Sinai School of Medicine dan Columbia University pada keluarga di perkotaan di New York, dan yang ketiga dilakukan oleh peneliti di School of Public Health di University of California, Berkeley, pada anak-anak di lahan pertanian Salinas, California, yang didanai oleh pemerintah AS.

Para peneliti dalam salah satu penelitian New York, mengamati relasi antara paparan klorpirifos insektisida selama kehamilan, yang paling banyak digunakan untuk pengendalian hama di kebun perumahan, dengan rendahnya IQ serta memori anak-anak.

Para peneliti menemukan bahwa anak yang terpajan tingginya klorpirifos, mencetak 5,3 dan 2,7 poin lebih rendah pada IQ dan memori kerja lebih rendah dibandingkan yang sedikit terpapar.

Studi di Mount Sinai melakukan tes urine ibu hamil untuk organofosfat, dan menemukan setiap peningkatan sepuluh kali lipat pestisida dalam air seni, menunjukkan turunnya 3 poin IQ pada usia 7 tahun.

Dalam studi Berkeley, anak-anak dengan pemaparan prenatal tertinggi mencetak 7 poin lebih rendah pada tes IQ dibandingkan dengan tingkat terendah eksposur. Juga, penurunan 5,5 poin nilai IQ keseluruhan yang diamati pada setiap kenaikan 10 kali lipat dalam eksposur organofosfat.

"Itu tidak berbeda dengan penurunan yang kita lihat pada anak dengan paparan timbal yang tinggi," kata penulis studi, Brenda Eskenazi, Ph.D., seorang profesor epidemiologi dan kesehatan ibu dan anak di University of California, Berkeley.

"Ini penting bahwa orang mencuci buah dan sayuran sangat, sangat baik dan itu berarti meskipun buah dengan kulit di atasnya. Ini harus dicuci sebelum Anda mengupasnya".(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome